Laporan Seminar Indonesia”Bahasa Indonesia adalah Jati Diri Kita”

 

Surabaya HIMAPBSINDO 19 November 2011. Seminar Bahasa Indonesia dengan tema”Bahasa Indonesia adalah Jati Diri Kita” dimulai pukul 08.30 di gedung G Inspire lantai 6 UMSurabaya, acara  ini dibuka dengan hiburan berupa tari incling jangget oleh mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonsia FKIP UMSurabaya dan dilanjutkan dengan acara pertama adalah pembukaan dan laporan ketua panitia. Acara selanjutnya, sambutan dari Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang disampaikan oleh kaprodi tercinta, Bapak  Drs. Ali Nuke Affandy, SE., M.Si. Dalam sambutannya, bapak Kaprodi berpesan kepada seluruh partisipan seminar Bahasa Indonesia agar selalu menanamkan rasa cinta kepada Bahasa Indonesia. Menyusul acara berikutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh partisipan seminar, serta dilanjutkan dengan menyanyikan mars Muhammadiyah”Sang Surya”yang dinyanyikan oleh mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu Nurista Mayasari.

Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Acara seminar ini dimoderatori oleh salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang bernama Abdul Majid Tamum. Pemberian materi pertama adalah “Meningkatkan Peranan Bahasa Indonesia dalam Penguatan Jati Diri”yang disampaikan oleh Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. (Pembantu Rektor 1 UMSurabaya/Dosen Linguistik UNESA). Materi ini cukup menarik, hal ini dapat dilihat dari respon para peserta.

Materi kedua diberikan oleh Drs. Yani Paryono, M.Pd. (Peneliti Bahasa; Pusat Bahasa, Balai Bahasa Surabaya)dengan materi”Implementasi Undang-undang RI No. 24 Tahun 2009 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Bertaraf  Internasional.

Materi ketiga disampaikan oleh Dr. Sujinah, M.Pd. (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia UMSurabaya)dengan materi”Internalisasi Nilai Karakter Bangsa Melelui Pembelajaran Bahasa”. Dan Materi yang terakhir dengan judul”Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah” disampaikan oleh Bapak Ngatma’in, S.Pd. dalam materi yang terakhir ini beliau menyampaikan materi yang memotivasi partisipan seminar agar mencintai Bahasa Indonesia sehingga suasana dalam seminar pagi itu sangat meriah karena respon positif dari para partisipan seminar.

Setelah semua materi disampaikan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sesi pertama para partisipan seminar mengajukan berbagai pertanyaan dan langsung dijawab oleh pemateri. Sebelum sesi kedua dimulai hiburan berupa musikalisasi puisi berjudul”Tanah Air Mata” karya Sutardji Colzoum Bachri oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pun disuguhkan. Di sesi kedua ini para partisipan seminar lebih banyak mengajukan pertanyaan. Materi yang disampaikan benar-benar menyedot perhatian peserta.

Akhirnya acara pun usai. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cindera mata oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kepada para pemateri seminar dan dilanjutkan dengan acara foto bareng. Kemudian diakhiri dengan ucapan Alhamdulillah oleh pembawa acara sekaligus menutup serangkaian acara Seminar Bahasa Indonesia dengan tema”Bahasa Indonesia adalah Jati Diri Kita”.

Semoga di tahun-tahun ke depan kegiatan seperti ini dapat diadakan lagi. dan jangan bosan-bosan mengunjungi blog kami di http://www.himapbsindo.wordpress.com untuk menunggu berita terbarunya, salam harmoni sastra!

Bagi teman-teman yang ingin mengunduh materi pada seminar silahkan unduh tautan di bawah ini:

IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG KEBAHASAAN

Materi Pak Syamsul Sodiq

Materi Bu Sujinah

Materi Ngatma’in

One Response to Laporan Seminar Indonesia”Bahasa Indonesia adalah Jati Diri Kita”

  1. sundarty mengatakan:

    Asek-AseK…😀
    Terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: